JNE Kupas Strategi Branding Sarana Pemasaran UMKM Gorontalo

REDAKSI
JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Gorontalo. [Istimewa]
 

Mala Ilyas rupayanya telah terjun langsung dalam dunia digital dengan memasarkan produknya seperti variant bouquet, selendang dan boneka kustom melalui media sosial yaitu Instagram.

“Kami lebih banyak melakukan pemasaran melalui media sosial dengan memanfaatkan keunggulan fiturnya. Pemasaran kami tentunya terbantu dengan hadirnya JNE yang dapat membantu proses pengiriman paket kami,” ujar Mala.

banner 120x600

Berkutat di media sosial, peran penting influencer juga menjadi salah satu strategi dalam melaksanakan branding. Hal itu dibuktikan oleh Fela Rodena, Influencer kecantikan yang telah aktif sejak tahun 2017.

“Saat itu Kota Gorontalo belum banyak yang berkecimpung dalam dunia beauty blogger ataupun influencer.”, kata Fela.

“Saya termotivasi oleh influencer kecantikan yang menjual produk melalui media sosial, yang dimana Kota Gorontalo sendiri belum memasuki trend seperti itu. Hal ini menjadi motivasi agar saya dapat meningkatkan awareness brand-brand kecantikan, khususnya brand lokal dengan harga yang terjangkau tapi memiliki kualitas yang tidak kalah saing,” sambungnya.

Menurutnya, dalam melakukan branding pun konsistensi harus diperhatikan agar engagement dengan audiens atau konsumen dapat terus meningkat.

Tidak lupa komunikasi dengan konsumen dapat dilakukan dengan berbagai fitur seperti siaran langsung, komentar, pesan ataupun dengan fitur interaksi lainnya yang bisa dimanfaatkan.

“Untuk meningkatkan branding, kita harus tetap mengikuti tren terkini dan pastinya bisa menggunakan Key Opinion Leader seperti influencer ataupun figur yang cukup terkenal untuk memberikan pengaruh dari produk kita,” imbuh Fela.

Sebagai informasi, Gorontalo merupakan kota ke-46 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Gorontalo, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Timika pada 4 Oktober 2022. (Rls)