Share :
HESTEK.CO.ID – Penyelenggaraan layanan publik Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2023 meraih nilai yang membanggakan dari Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo, yakni 78,24.
Atas raihan nilai tersebut, pemerintahan yang dikendalikan Marten Taha sebagai wali kota dan Ryan F. Kono sebagai wakil wali kota itu menempati zona hijau.
Hasil penilaian layanan publik ini sendiri telah diserakan secara resmi oleh Pjs Kepala Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo, Wahyudin Mamonto dan diterima oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Selasa (30/1/2024).
“Dengan perolehan itu, Kota Gorontalo masuk pada kategori kepatuhan tinggi dengan zona hijau,” kata Pjs Kepala Ombudsman RI perwakilan Gorontalo, Wahyudin Mamonto.
Wahyudin mengatakan, Ombudsman menyebutkan zona hijau yang didapatkan adalah sebuah peningkatan bagi Pemerintah Kota Gorontalo.
Layanan publik Pemerintah Kota Gorontalo sempat berada di zona merah pada tiga tahun penilaian awal dari tahun 2015 hingga 2018 dan akhirnya mencapai zona hijau di tahun 2019.
sementara itu Marten Taha mengatakan pelayanan kepada publik sangatlah penting. Menurutnya, pelayanan kepada warga mutlak untuk ditingkatkan.
Marten menyebut pihaknya telah melaksanakan program gratis dari lahir sampai mati yang berujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada rakyat.
“Tugas daripada pemerintah itu pada intinya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Makanya pada awal saya membuat program yang namanya gratis dari lahir sampai mati, karena ini bagian pelayanan,” kata Marten.
Sementara terkait hasil penilaian dari Ombudsman RI, Marten menyebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ombudsman yang telah melakukan penilaian. Kami sangat membutuhkan penilaian seperti ini, terlebih yang melakukan penilaian dari lembaga eksternal. Saya sangat yakin, penilaiannya sangat objektif,” tandasnya.
(hsk/adv/and)